Sikuyabatok.com. kali ini akan membahas cara reset mikrotik tipe RB 750. Sebenarnya banyak sekali panduan – panduan yang relevan di internet bahkan ada beberapa cara… adanya bisa direset dengan softreset menggunakan perintah CLI ada juga menggunakan Hardreset.

1. Softreset. Ini paling mudah jika kuyabatokers tau asal mula password ini dibuat.. tinggal masuk ke winbox dengan menggunakan terminal dan memanggil IP default ataupun IP yang udah kita setting jika defaultnya dihapus. Atau juga bisa menggunakan mac address dari mikrotik tersebut.
/system reset-configuration

Semua yang batokers konfigurasi pasti ke reset semua dan akan seperti baru lagi. :D
2. Hardreset. Nah ini yang paling ampuh jika kalo batokers lupa password :/.  Ada beberapa cara menurut referensi di internet. Saya merasa kebingungan ketika saat reset, karena banyak sekali referensi yang saya temukan. Ini masalah pertama kali saya temukan pada saat mau latihan anak-anak disekolah.. wah saya juga baru pegang ini mikrotik klo boardnya mah. Alhasil saya surfing ke internet ke si mbah. Saya cari sana sini akhirnya saya nemuin tuh caranya ..




untuk lebih jelas silakan di kilik aja gambarnya :D

CARA MELAKUKAN HARDRESET MIKROTIK RB 750 SERIES AMPUH.
Sediakan alatnya 

1. Laptop atau PC yang ada winbox buat Ceknya
2. Mikrotik yang mau direset



3. Pulpen buat hardreset atau bisa pakai tusuk gigi


4. Makanan buat ngemil :D 
5. Kabel UTP susunan Kabel Straight atau Cross Over buat mengetahui ke reset apa belum.

LANGKAH HARDRESET MIKROTIK

1. Mikrotik yang akan direset, lihat pada bagian indicator reset pada bagian lampu lampu sekitar ACT, dan LED POWER berada. 



2. Masukan ujung pulpen ke dalam lubang reset tersebut. Ingat pada saat proses ini jangan pada saat menyala melainkan pada saat mati dengan lepas konektor dari adafter. Dan perlu diingat hati hati dengan menggunakan proses ini karena tombol reset ini sering patah ataupun tombolnya tidak berfungsi lagi. Maka dari itu pelan-pelan saja tapi pasti. 

3. Setelah itu masukan adaftor kejala-jala listrik. Perlu diingat jangan dilepaskan pulpen yang masuk ke lubang reset ini sebelum led act berhenti berkedip. 


4. Biarkan sejenak router tersebut itu proses hard reset :D . nungguinnya makan makanan ringan aja batokers :D hehee..
5. Setelah itu masukan kabel ke router pada Ethernet 2, dan kepada NIC yang terpasang pada PC atau Laptop yaa.. ingat ether1 itu adalah PPOE untuk koneksi ke internet :)
6. Cek dengan winbox yaa dengan menggunakan mac address. Karena pada saat ini ip defaultnya belum kembali ke semula . 



7. Login dan reset dengan perintah /system reset-configuration . biar semuanya bener-bener ke default bawaan pabrik. 




8. Selesai deh resetnya. Perlu diingat pula kepada batokers. Proses hardreset ini perlu ketelitian yang jeli dan bahkan kesabaran juga. Hehee.. 

Baca juga artikel menarik lainnya yaa .. 
Cukup sekian reset mikrotiknya semoga menjadi referensi buat kita semua