Membuat Daftar Isi Otomatis di Libre Office Writer

Membuat sebuah Daftar Isi (Table of Content) dari sebuah tulisan panjang semisal skripsi atau tesis bisa membuat kita stress jika menggunakan cara manual dengan membuat tabel yang dientri per bab dan sub bab. LibreOffice Word telah menyediakan fitur yang sangat canggih dan mudah digunakan untuk solusi pembuatan Table of Content (TOC) secara otomatis.

Berikut langkah-langkah sederhana yang telah saya praktikkan:

  • Buka Word pada LibreOffice
  • Buat beberapa halaman (mulai halaman kedua) berisi tulisan dalam bentuk per bab, sub bab, sub sub bab dan seterusnya
  • Pada judul tiap-tiap bab, sub bab, dan sub sub bab nya blok kalimatnya kemudian klik menu pull down Set Paragraph Style (biasanya di posisi pojok kiri atas). Pilih Heading 1 untuk judul bab, Heading 2 untuk sub bab, Heading 3 untuk sub sub bab, dan seterusnya
  • Letakkan kursor pada halaman kosong (halaman pertama), ketikkan judul halaman misalnya Daftar Isi lalu jadingan Heading 1. Letakkan kursor di bawah judul halaman, kemudian pilih menu Insert – Table of Contents and Index – Table of Contents, Index or Bibliography…
  • Akan tampil layar Table of Contents, Index or Bibliography
  • Bagian Title: dikosongkan saja karena tile sudah ditulis pada judul halaman Daftar Isi
  • Aktifkan checklist Addtional styles, kemudian klik tombol Assign styles… yang aktif di sebelahnya
  • Aakan tampil layar Assign Styles di atas layar Table of Contents, Index or Bibliography
  • Atur selection bullet untuk masing-masing Heading 1, Heading2, Heading 3, dan seterusnya
  • Klik tombol OK
  • Cling! akan otomatis tersaji TOC yang keren!
  • Setiap ada penambahan/perubahan bab, sub bab, sub sub bab dan sebagainya tinggal klik kanan pada TOC tadi kemudian klik Update index, maka otomatis Daftar Isi akan berubah sesuai perubahan keseluruhan tulisan yang dibuat






Latihan membuat Daftar Isi Otomatis

Latihan 1

Untuk persiapan membuat daftar isi, buatlah dokumen dengan kriteria :

  1. Tiga halaman
  2. Halaman pertama kosong
  3. Judul di halaman kedua
  4. Tiga subjudul di halaman kedua
  5. Tiga subjudul di halaman ketiga

Latihan 2

Terapkan Heading 1, Heading 2, Heading 3, Heading 4 :

  1. Judul di halaman kedua = Heading 1
  2. Subjudul pertama ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 2
  3. Subjudul kedua ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 3
  4. Subjudul ketiga ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 4
Penerapan heading-heading di halaman 2 dan 3

Latihan 3

Membuat daftar isi otomatis dengan cara :

  1. Letakkan kursor di halaman pertama ( halaman yang kosong )
  2. Buka menu Insert > Table of Contents > Table of Contents
  3. Muncul dialog “Table of Contents”
  4. Pencet tombol “OK”
  5. Jadilah daftar isi otomatis berjudul “Table of Contents”
Halaman daftar isi, halaman 2, dan halaman 3

Latihan 4

Tambahkan halaman baru dan subjudul – subjudul baru :

  1. Buatlah halaman baru atau pencet Ctrl+Enter
  2. Buatlah 3 subjudul baru dengan berurutan dikenakan Heading 2, Heading 3, Heading 4
  3. Kembali ke halaman daftar isi
  4. Klik-kanan daftar isi > Update
  5. Jadilah daftar isi terbarukan otomatis memuat perubahan di atas
Daftar isi berubah apabila isi dokumen berubah

Latihan 5

Ubahlah penampilan daftar isi sesuai kebutuhan Anda :

  1. Klik-kanan daftar isi > Edit
  2. Muncul jendela “Table of Contents”
  3. Ubah bagian Title dari asalnya “Table of Contents” menjadi “Daftar Isi”
  4. Ubah bagian Evaluate up to level dari “10” menjadi “2”
  5. Pencet tombol OK
  6. Jadilah berubah daftar isi Anda sekarang dengan judul “Daftar Isi” dan hanya memuat 2 level subjudul ( hanya yang mengenakan Heading 1 dan Heading 2 yang dimuat )
Mengubah judul daftar isi dan batasan heading


Post a Comment

0 Comments